Ekonomi Syari’ah

Share

PROFIL PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH (ES) STAINU TEMANGGUNG

 

-Kompetensi Lulusan :

Profesional dan kompeten dalam bidang Ekonomi Syari'ah, menerapkan prinsip-prinsip Perbankan Syari'ah atau Akuntan Syari'ah, cakap dalam mendesain dan melaksanakan penelitian dalam bidang Ekonomi Syari'ah, profesional sebagai Entrepeneur Ekonomi Syari'ah.

– Visi : 

Menjadi Program Studi Profesional dan Kompetitif dalam Pengembangan Ekonomi Islam Pada Tahun 2025.

– Misi : 

  1. Membangun good university governance dan manajemen professional dalam mengelola sumber daya perguruan tinggi sehingga menghasilkan pelayanan prima kepada civitas akademika.
  2. Membangun kepercayaan dan mengembangkan kerjasama internasional, regional dan nasional.
  3. Membangun dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran dan pelayanan.
  4. Mengembangkan riset-riset ekonomi, manajemen, akuntansi dan perbankan syariah.
  5. Mengembangkan SDM berkualitas dengan fokus pada kompetensi dosen dan staf.
  6. Mengembangkan program Magister bidang Manajemen Akuntansi, Ekonomi Syariah, dan Perbankan Syariah.
  7. Mengembangkan kurikulum berbasis kreatif dan inovatif.
  8. Menyelenggarakan pedidikan yang mencakup bidang ekonomi dan bisnis secara utuh, khususnya program studi ekonomi, manajemen, akuntansi, ekonomi syariah dan perbankan syariah.
  9. Menyelenggarakan riset-riset berkualitas dengan pendekatan disiplin ilmu ekonomi dan bisnis untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan.
  10. Merumuskan dan melaksanakan model-model pengabdian masyarakat berbasis ilmu dan riset yang mengintegrasikan Ekonomi dan Bisnis dengan Keislaman.

– TUJUAN

Menghasilkan sarjana di bidang ekonomi dan bisnis Islam yang bertaqwa, berilmu, memiliki integritas sebagai sarjana pembelajar, profesional dan mampu mengenali, mengamati, membuat penalaran permasalahan, berdasarkan ilmu ekonomi dan bisnis dan menggabungkan teori-teori ilmu ekonomi, administrasi bisnis modern dan bisnis, dengan nilai-nilai keislaman, kerakyatan dan kemanusiaan. Lulusannya diharapkan memiliki bekal dasar ilmu pengetahuan untuk melanjutkan pendidikannya, serta memiliki pengetahuan umum dan profesi yang cukup untuk memperluas pandangannya, sehingga mampu berperan dalam upaya mewujudkan masyarakat yang madani, demokratis dan bermoral Islam.

– Profesi Kerja :

  • Pegawai Negeri Sipil
  • Pengelola Lembaga Bisnis
  • Wirausahawan
  • Praktisi Lembaga Keuangan non Bank
  • Pengelola lembaga Ekonomi Nirlaba
  • Peneliti dan Konsultan Bisnis Islam