Jurusan Syari’ah

Share

PROFIL JURUSAN SYARI'AH

 

Jurusan Syari’ah melaksanakan program pendidikan dengan satu program studi, yaitu Program Studi Hukum Perdata Islam atau Ahwal al- Syakhshiyyah (AS), dengan jenjang S-1. Jurusan Syariah dan Program Studi Ahwal al-Syakhshiyyah (AS) memiliki visi, misi, dan tujuan sebagai berikut:

b. VISI, MISI, DAN TUJUAN JURUSAN SYARI’AH

  1. Mengembangkan ilmu syari’ah dalam rangka mela hirka nahli dan/atau praktisi di bidang hukum yang berwawasan keindonesiaan
  2. Mengembangkan budaya ijtihad dalam penelitian ilmu syari’ah secara multidisipliner yang bermanfaat bagi kepentingan akademik dan masyarakat.
  3. Meningkatkan peran serta dalam pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu syari’ah bagi terwujudnya masyarakat madani.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

TUJUAN:

  1. Menghasilkan sarjana syari’ah yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang integratif-komprehensif.
  2. Menghasilkan sarjana syari’ah yang menghargai nilai-nilai keilmuan dan kemanusiaan.
  3. Menghasilkan sarjana syari’ah yang beriman, berakhlaq mulia, memiliki kecakapan sosial dan manajerial, dan berjiwa kewirausahaan (enterpreneurship) serta rasa tanggung jawab sosial.
  4. Menjadikan jurusan syariah sebagai pusat studi yang unggul dalam bidang kajian dan penelitian ilmu syari’ah yang integratif  komphrehensif berbasis al-ahl al-sunnah wa al-jama’ah.
  5. Terbangunnya jaringan yang kokoh dan fungsional dengan para alumni dan stakeholders dalam pengembangan dan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.