LPAN

Share

Profil Lembaga Penanaman Ajaran An-Nahdliyyah

(LPAN) STAINU Temanggung

Tahun 2016/2017

Baca Tulis Al-Qur’an, merawat jenazah dan tahlil merupakan amalan yang penting untuk di pahami dan dikuasai oleh seluruh ummat Nahdliyyin tak terkecuali para pelajar / mahasiswa, hal ini kadang terabaikan, dan kita baru sadar ketika terjun di masyarakat yang sudah akrab dengan ajaran An-Nahdliyah tersebut, maka dibentuklah kepengurusan LPAN berdasarkan Surat Keputusan Ketua STAINU Temanggung Nomor: STAINU /X.10/PP.00.9/198/2012 tanggal 10 Januari 2012 tentang Pengurus Lembaga Penanaman Ajaran An-Nahdliyah Masa Bhakti 2011-2015.

 

Visi

Mencetak Mahasiswa yang berakarakter islam, terampil & arif berhaluan Ahlussunnah Wal Jama’ah

Misi

1.Menumbuh kembangkan ajaran An-Nahdliyah melalui pembinaan Karakter

yang Islami

2.Melaksanakan pembiasaan amaliah Ahlussunnah Wal Jama’ah

3.Memberikan pelatihan ketrampilan merawat jenazah

4.Mengintensifkan penguatan Baca Tulis Al-Qur’an dan Tahlil

 

A. PROGRAM KERJA LPAN

Program kerja LPAN meliputi: kegiatan Internal Kampus dan Kegiatan Luar kampus.

Kegiatan Internal Kampus: penyusunan buku panduan, Pembekalan (sosialisasi) kepada Mahasiswa STAINU, Melaksanakan Evaluasi, Penerbitan Sertifikat BTQ

1. Penyusunan Buku Panduan LPAN

LPAN telah menyusun buku panduan sebagai literatur baku yang mencakup materi-materi Baca Tulis Al-Qur’an, Merawat Jenazah, dan Tahlil.

Buku panduan tersebut disusun dalam rangka untuk membekali para calon Sarjana (Alumni) STAINU Temanggung dalam bersosialisasi dengan masyarakat dilingkungannya.

2. Sosialisasi Pembekalan dan Bimbingan

Untuk mempelajari lebih mendalam tentang ajaran-ajaran yang tercakup dalam buku panduan BTQ maka, LPAN mengadakan bimbingan dalam bentuk tutorial interaktif maupun kegiatan keruhanian secara masal (Jama’ah), kegiatan ini diikuti Dosen, Karyawan, serta Mahasiswa, diantaranya:

a. Mujahadah (Sabtu Wage) pada tahun 2013,

b. Mujahadah Khusus (Masa Penerimaan Mahasiswa Baru 2013/2014),

c. Bimbingan terhadap mahasiswa yang gagal pada ujian BTQ,

d. Mujahadah ba’da Sholat Ashar berjama’ah

3. Pelaksanaan Ujian BTQ

LPAN mengadakan ujian kompetensi bagi para mahasiswa yang sudah merasa mampu menguasai materi yang ada dalam buku panduan, dan telah mendaftar secara resmi sebagai peserta Ujian kompetensi ke bagian Administrasi LPAN. Ujian BTQ dilaksanakan setelah selesai UAS dengan materi :

a. Baca dan Tulis Al-Qur’an oleh Dra. Siti Roichanah, M.S.I.

b. Baca Al-Qur’an dan Tajwid oleh Bp Hasjim Afif, S.Ag

c. Baca Yaasin Tahlil oleh Bp. Abdul Qodim, S.Ag

d. Perawatan Jenazah oleh Drs. Mahali M.S.I

e. Tulis Al-Qur’an (Arab) oleh Bp. Agus Thoifur

Dengan jadwal (mapping) tersebut diharapkan mahasiswa yang akan menempuh KKN sudah lulus BTQ. Dan apabila mahasiswa tersebut Tidak Lulus atau gagal ujian masih ada kesempatan mengulang pada semester berikutnya

4. Pemberian Sertifikat BTQ

Bagi Mahasiswa yang memenuhi kreteria dan dinyatakan Lulus akan mendapatkan bukti LULUS BTQ dalam bentuk Sertifikat, hal ini penting sekali sebagai bukti bahwa mahasiswa yang bersangkutan telah LULUS Ujian BTQ, selanjutnya sertifikat tersebut dijadikan lampiran ketika akan mendaftar ujian Skripsi , sertifikat tersebut juga menjadi persyaratan,

Kegiatan Luar kampus adalah sosialisasi yang dilakukan diluar kampus seperti Pelatihan bagi Perangkat desa (Urusan Kesra Desa), Penyuluhan terhadap takmir atau remaja masjid.

 

B. SARANA PENUNJANG

Sebagai sarana penunjang dalam praktik materi perawatan jenazah, LPAN telah mempunyai satu unit alat peraga perawatan jenazah, dengan methode ini diharapkan mempermudah sistem pembelajaran dan evaluasi ketika simulasi merawat jenazah.

RUSUNAWA sebuah gedung bantuan dari pemerintah, dan merupakan asset STAINU Temanggung yang berfungsi sebagai Rumah susun untuk Mahasiswa. Pada Tahun 2017 LPAN ditugaskan oleh pimpinan STAINU Temanggung untuk mengelola gedung tersebut,

Dengan konsep pendidikan berbasis ala Pesantren dan terintegrasi dengan kegiatan kampus, maka PONPESMA diharapkan menjadi tempat tinggal yang ideal bagi Mahasiswa serta civitas akademika.

C. KEGIATAN YANG SUDAH TERLAKSANA

LPAN STAINU Temanggung masa bhakti 2011-2015 sudah melaksanakan kegiatan ujian BTQ pada tahun akademik 2013/2014, pelaksanan ujian BTQ dikelompokkan per kelas (semester), lebih diutamakan mahasiswa/i semester VI dan. seterusnya yang segera menempuh KKN. Kegiatan tersebut masih berlanjut hingga tahun 2017 ini

PENUTUP

Demikian profil singkat tentang Lembaga Penanaman Ajaran An-Nahdliyyah (LPAN) STAINU Temanggung, semoga bermanfaat

Temanggung,Januari 2017

Kanit. LPAN

Dra. Hj. Siti Roichanah, M.S.I

NPK: 010 010 078