MAHASISWA STAINU SERAHKAN DOKUMEN PROGRAM TRACER STUDY

Share

Temanggung, stainutmg.ac.id – Berbeda dengan penarikan praktikan PPL ditempat lain yang rata – rata dilaksanakan sehari sebelumnya, SMK Swadaya Temanggung baru melaksanakan penarikan mahasiswa Prodi MPI STAINU Temanggung hari ini, Rabu 20/2/2019.  Mundurnya jadwal terjadi karena menyesuaikan jadwal kegiatan kepala sekolah yang dinilai super sibuk. Banyak agenda kepala yang mesti dilakukan diluar sekolah.

Meski dikemas dalam format acara yang cukup sederhana, namun tidak satupun substansi acara inti terkurangi. Prosesi acara dimulai dengan  pembukaan dan sambutan dari wakil praktikan. Dalam sambutannya, mahasiswa mengaku cukup puas dengan pelayanan yang diberikan kepada praktikan, baik dari lokasi maupun penyelenggara. Khusus untuk lokasi praktikan penerapan manajemen pengelolaan sekolah sudah tergolong istimewa sehingga banyak ilmu yang didapat.  Indikatornya bisa dilihat dari raihan sertifikasi ISO 9001 pada 2010 yang lalu, akreditasi juga telah mencapai predikat A dan beberapa penilaian lainnya baik dari swasta maupun negeri. Selain itu manjemen pengelolaan juga sudah modern yaitu fasilitas perpustakaan berbasis digital layanan wi-fi dan komputerisasi sudah tersedia dilokasi praktikan. "Pemilihan SMK Swadaya sebagai lokasi PPL sudah sangat tepat karena peserta mendapatkan banyak ilmu praktis yang bisa di terapkan lembaga pendidikan yang lain. Contohnya dengan gagasan penerapan bank pohon dalam persoalan pendanaan dan memberikan porsi lebih dalam kegiatan ekstra kurikuler bagi siswa", ujar Rofi'i ketua regu di dalam sambutannya.

Sementara itu Khamim Saifuddin dalam sambutannya mengatakan bahwa menurut testimoni dari mahasiswa penerjunan mahasiswa PPL Prodi MPI kali ini sangat mengesankan. "Saya sangat bangga dengan kreatifitas yang dimiliki praktikan yang telah memberikan segala daya dan upayanya untuk beradaptasi dengan lingkungan baru yang cukup sibuk dalam urusan pengelolaan pendidikan. Terlebih lagi mahasiswa bisa menghasilkan sebuah produk data alumni dari tahun pertama sampai tahun 2015 yang dapat dipergunakan oleh lokasi praktikan berada", jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa meski baru pertama menggelar PPL untuk prodi MPI namun proses praktik lapangan bisa berjalan dengan baik meski ada beberapa hal yang perlu untuk dibenahi.  Menutup sambutannya dia berharap masukan dan kritikan dari lokasi praktik terhadap pelaksanaan tahun ini sebagai bahan evaluasi untuk tahun depan.

Sementara itu H. Muhasyim, S.Pd mengatakan bahwa praktikan dari STAINU Temanggung tahun ini sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang kami harapkan. Sesuai dengan budaya yang sudah berlangsung bahwa setiap praktikan menghasilkan rekomendasi bagi lembaga. "Alhamdulillah mahasiswa PPL STAINU Temanggung juga telah menghasilkan sebuah produk yang sangat berguna untuk kami yaitu program tracer study siswa untuk beberapa tahun yang lalu", bebernya. Selanjutnya beliau mengimbau kepada semua mahasiswa untuk bisa membuat inovasi yang lebih baik lagi hasil dari PPL ini, serta tetap menjalin ukhuwah islamiyah yang diharapkan.(dama)

Add Comment