Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Share

PROFIL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD) STAINU TEMANGGUNG

 

– Visi

Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) memiliki visi, yaitu: Menjadi Pusat Pendidikan dan Riset Pendidikan Anak Usia Dini  Berbasis Nilai-nilai Pesantren Tahun 2030”.

– Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) mempunyai misi yang juga mendukung misi Jurusan Tarbiyah pada khususnya dan Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati pada umumnya, yaitu :

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran di bidang kependidikan anak usia dini secara profesional, terpadu, dan efektif.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan riset dan kajian di bidang kependidikan anak usia dini.
  3. Menigkatkan kompetensi praktisi dalam bidang kependidikan anak usia dini.
  4. Menjadi institusi pendidikan dengan budaya tata kelola yang baik.
  5. Menjalin kerjasama secara produktif dengan berbagai lembaga di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

           Kompetensi yang dimiliki sarjana Strata 1 (S1) Lulusan Program Studi di Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah sebagai berikut :

  1. Kompetensi Utama
  1. Menampilkan diri sebagai pribadi muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, dan menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat berbasis ahl sunnah wa al jama’ah,
  2. Menguasai  kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial secara holistik integrative  pada lembaga pendidikan Raudhatul Atfal/Taman Kanak-kanak.
  3. Mampu mengembangkan kurikulum berdasarkan prinsip, 1) berpusat pada anak; 2) kontekstual; 3) kompetensi dan dimensi perkembangan, 4) pembentukan kepribadian; 5) sesuai tahapan perkembangan; 6) sesuai cara belajar; 7) holistik integratif ; 8) melalui bermain ; 9)membangun pengalaman belajar; 10) konteks social budaya. 
  4. Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik, meliputi kompetensi dasar sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, ketrampilan, perkembangan fisik motorik,  perkembangan bahasa, pengembanngan seni, dan pengembangan fisik motorik pada PIAUD secara kreatif, inovatif, dan menyenangkan, serta mampu menilai proses dan hasil pembelajaran serta tindaklanjut yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan.
  5. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran di PIAUD.
  6. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan pengembangan fisik motorik (motorik kasar, motorik halus, kesehatan, dan perilaku keselamatan), Bahasa Indonesia (bahasa reseptif, keaksaraan, dan ekspresi), Pengembangan kognitif anak usia dini, pendidikan seni musik, seni tari, dan seni suara, pengembangan matematika, IPA, IPS, Pendidikan kesehatan dan jasmani  yang mendukung pembelajarannya di PIAUD.
  7. Mengembangkan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai Islam ke dalam setiap kompetensi di RA.
  8. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan Al-Qur'an–Al-Hadits (QH), Aqidah–Akhlaq (AA), Sejarah Peradaban Islam dan Bahasa Arab secara komprehensif yang mendasari pembelajarannya di PIAUD.
  9. Mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran PIAUD

 

  1. Kompetensi Tambahan A
  1. Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas.
  2. Memiliki kemampuan praktik dan teoritik dalam bidang penelitian pada PIAUD
  3. Mampu melaksanakan evaluasi, penelitian dan pengembangan sumber daya manusia.
  1. Kompetensi Tambahan B
  1. Mampu melakukan pengelolaan dan pengorganisasian bidang pendidikan, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di PIAUD.
  2. Mampu bekerja secara profesional pada satuan pendidikan dan pelatihan atau institusi pengembangan sumber daya manusia.
  3. Mampu mengelola pendidikan PIAUD secara professional.

 

  1. Kompetensi Tambahan C
  1. Mampu memberikan layanan ahli dan konsultasi dalam penyelengaraan pendidikan PIAUD.
  2. Mampu menguasai aspek psikologis, perkembangan kognitif , mental, dan social emosial pada anak usia dini .

 

Secara spesifik jenis pekerjaan yang dapat Prodi Pendidikan Guru Madrasah Intidaiyah sebagai berikut :

  1. Tenaga pendidik  Raudhatul Athfal  atau Taman Kanak-kanak pada instansi pemerintah/ swasta.
  2. Tenaga peneliti dan pengembangan dalam bidang pendidikan/pendidikan agama islam bagi Pendidikan Anak Usia Dini baik diinstansi pemerintah, atau swasta.
  3. Pimpinan lembaga pendidikan dan pelatihan bidang  Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD).
  4. Konsultan  Pendidikan Anak Usia Dini ( PIAUD ).