Prodi Ekonomi Syariah STAINU Temanggung Jajaki Kerjasama Dengan BSM dan KSP Anugrah Temanggung

Share

Temanggung, stainutmg.ac.id – Dalam rangka turut serta membangun ekonomi masyarakat, hari ini Rabu, tanggal 12 Agustus 2020 Prodi Ekonomi Syariah STAINU Temanggung melakukan penjajakan dan kerjasama dengan BSM ( Bank Syariah Mandiri) Temanggung dan KSP Anugrah. Amin Nasrullah Lc. M.EK. selaku Kaprodi dan Fatmawati Sungkawaningrum M.S.I selaku sekretaris prodi ekonomi Syariah, di dampingi Muh Syafii M.Hum selaku ketua LP3M, melakukan silaturahim ke kedua lembaga keuangan tersebut. yang disambut dengan baik oleh bapak Zaky selaku Kepala cabang BSM Temanggung, dan bapak Rokhim.

Prodi ekonomi syariah STAINU Temanggung telah menyusun sebuah planning program PPL ( Praktek Pengalaman Lapangan) dan akan menempatkan para mahasiswa prodi ekonomi syariah agar bisa melakukan Praktek di BSM Temanggung dan KSP Anugrah. Di mana nantinya akan mendapat tambahan ilmu secara riil di lapangan seperti apa dan bagaimana system oprasional lembaga keuangan syariah khususnya di kota Tembakau ini. Di harapkan nantinya akan tampil sebagai sumber daya insani  di bidang lembaga keuangan syariah yang berkompeten seperti yang dituturkan bapak Heri selaku Vice Manager KSP Anugrah. Bisa menjadi duta ekonomi bagi kehidupan, dan akhirnya bisa mencetak kader kader ekonomi syariah.

Dari PPL ini diharapkan mahasiswa memahami dan bisa memadu padankan antara teori di bangku kuliah dengan praktek di lapangan. Sebagaimana di ketahui bahwa ekonomi adalah lini utama dalam berkehidupan, dan di harapkan lembaga keuangan syariah akan makin berkembang dengan segala tantangan teknologi dan zaman seperti sekarang. Mahasiswa prodi ekonomi syariah STAINU Temanggung di harapkan bisa terserap di lembaga keuangan syariah yang  nantinya akan melahirkan ekonom islam yang berkarakter.

Di dalam pendidikan selama berada di kampus konten atau teori yang di ajarkan belum secara keseluruhan bisa di munculkan. Artinya ilmu akan bisa di terapkan dan di praktekkan di lapangan, berhadapan langsung dengan para masyarakat yang berinteraksi dengan lembaga keuangan syariah. Dengan melakukan PPL (praktek pengalaman lapangan) akan makin menambah daya analisa dan bisa mendapatkan inovasi – inovasi  keuangan syariah. PPL yang pertama dari prodi ekonomi syariah ini sekaligus sarana sharing antara lembaga akademik dan LKS ( lembaga keuangan Syariah ) kata bapak Andi selaku pengurus KSP Anugrah.  Di lapangan apa dan bagaimana cara menerapkan ilmu selama menjadi mahaswa ekonomi syariah. Di harapkan lebih bisa di sempurnakan agar di masa mendatang lebih berkembang dan kompetitif di bidangnya, sehingga ekonomi syariah akan tampil dengan membawa berkah. Itulah yang mendasari prodi ekonomi syariah STAINU Temanggung untuk terus melakukan pembangunan edukasi ke arah ekonomi syariah. Makin banyak membentuk sumber daya insani yang melek ekonomi syariah. Di harapkan akan timbul lembaga lembaga keuangan syariah seperti yang di syariatkan oleh fikih islam.

 

 

Add Comment