Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Share

PROFIL PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) STAINU TEMANGGUNG

 

– Visi Program Studi PGMI:

“Terwujudnya prodi yang unggul pada pendidikan dasar dalam menyiapkan calon guru kelas MI/SD dan teacherpreneur yang profesional dalam 10 tahun ke depan"

– Misi Program Studi PGMI:

  1. Menyelenggarakan Program Pendidikan jenjang sarjana bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, yang menekankan ilmu-ilmu keislaman dan metodologi pembelajaran Pendidikan dasar Islam.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Metodologi Pembelajaran yang berhubungan dengan pendidikan dasar Islam.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bentuk mengajar di Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar.
  4. Bekerja sama, membina dan mengembangkan jaringan kerja sama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pendidikan ibtidaiya (pendidikan dasar), lembaga pemerintah dan non-pemerintah, baik di dalam maupun di luar negeri

– Tujuan
  Tujuan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAINU Temanggung adalah : 

  1. Terwujudnya pembelajaran yang berorientasi pada Metodologi Pembelajaran Pendidikan Dasar Islam
  2. Terlaksananya penelitian dalam bidang metodologi pembelajaran dibidang pendidikan Dasar Islam.
  3. Terwujudnya sarjana yang mampu dan berdedikasi untuk memenuhi kebutuahan pendidikan Dasar Islam di masyarakat.
  4. Memiliki jaringan kerjasama yang saling menguntungkan guna pengembangan pendidikan guru madrasah ibtidiayah, baik personal ataupun lembaga MI Negeri maupun serta lembaga pemerintah dan non pemerintah di dalam maupun di luar negeri

 

– Kompetensi Lulusan yang Dihasilkan

   Kompetensi yang dimiliki sarjana Strata 1 (S1) Lulusan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAINU Temanggung sebagai berikut :

  1. Menampilkan diri sebagai pribadi muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, dan menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat berbasis ahl sunnah wa al jama’ah,
  2. Menguasai  kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial secara holistik dan implementasinya pada madrasah ibtidaiyah/sekolah dasar,meliputi :
  • Mampu membuat perencanaan dalam bidang pendidikan, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.
  • Mampu mengembangkan kurikulum dan pembelajaran 10 matapelajaran pokok di MI/sekolah dasar secara kreatif dan inovatif.
  • Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik, serta mampu menilai proses dan hasil pembelajaran serta tindaklanjut yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan.
  • Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran di MI/SD.
  • Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas.
  1. Mengembangkan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai Islam ke dalam setiap matapelajaran di MI.
  2. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan Bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, Pendidikan Kewarganegaraan yang mendukung pembelajarannya di MI.
  3. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan Al-Qur'an–Al-Hadits (QH), Aqidah–Akhlaq (AA), Fiqih, Sejarah Peradaban Islam dan Bahasa Arab secara komprehensif yang mendasari pembelajarannya di MI.
  1. Mampu melaksanakan evaluasi, penelitian dan pengembangan sumber daya manusia.
  2. Mampu melakukan pengelolaan dan pengorganisasian bidang pendidikan, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.
  3. Mampu bekerja secara profesional pada satuan pendidikan dan pelatihan atau institusi pengembangan sumber daya manusia.
  4. Mampu menjadi tenaga pengajar sesuai dengan bidang mata pelajaran yang relevan pada madrasah ibtidaiyah/sekolah dasar.

       

      Secara spesifik jenis pekerjaan yang dapat dicapai dalam Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah sebagai berikut :

  1. Tenaga pendidik  madrasah ibtidaiyah atau sekolah dasar pada instansi pemerintah/ swasta.
  2. Tenaga peneliti dan pengembangan dalam bidang pendidikan/pendidikan agama islam bagi madrasah ibtidaiyah/sekolah dasar baik diinstansi pemerintah, atau swasta.
  3. Pimpinan lembaga pendidikan dan pelatihan bidang  Pendidikan MI dan Sekolah Dasar.

 

Program Studi

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Jurusan

Tarbiyah

Profesi Utama

Tenaga Pendidik Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar 

Profesi Tambahan A

Tenaga Pendidik Agama Islam pada Madrasah/Sekolah dasar

Profesi Tambahan B

Peneliti Bidang Pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar

Profesi Tambahan C

Pimpinan Lembaga Pendidikan dan  Pelatihan pada Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar.

Kompetensi Lulusan Utama

Profesional dan kompeten dalam bidang pendidikan pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar.

Kompetensi Lulusan Tambahan A

Profesional dan kompeten dalam bidang Pendidikan  Agama Islam pada Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar

Kompetensi Lulusan Tambahan B

Memiliki kecakapan dalam mendesain dan melaksanakan penelitian dalam bidang Pendidikan tingkat  dasar  Madrasah Ibtidaiyahekolah Dasar

Kompetensi Lulusan Tambahan C

Memiliki wawasan yang luas dan cakap dalampengelolaan dan pemberdayaan lembagapendidikan Islam tingkat Dasar.

Indikator Kompetensi Utama

Mampu mendesain dan melaksanakan pendidikan dan pengajaran  pada madrasah  ibtidaiyah/sekolah dasar secara professional dan kompeten.

Indikator Kompetensi Tambahan A

Mampu mendesain dan melaksanakan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah secara professional dan kompeten.

Indikator Kompetensi Tambahan B

Mampu membuat desain penelitian dan melaksanakannya secara benar.

Indikator Kompetensi Tambahan C

Mampu memberikan pelatihan terhadap lembaga pendidikan islam pada madrasah ibtidaiyah/sekolah dasar  secara benar.

Gelar Akademis

Sarjana Pendidikan  (S.Pd)