Siaran Pers Dies Natalis ke 48, STAINU Temanggung Cari Duta Mahasiswa-Mahasiswi

Share

Temanggung, stainutmg.ac.id – Tahun 2018 ini, ada yang berbeda di Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung. Sebab, Panitia Dies Natalis STAINU Temanggung, pada tahun 2018 ini membuat format berbeda. Salah satunya adalah mencari Duta STAINU Temanggung 2018 dari kalangan mahasiswa dan mahasiswi. Hal itu dijelaskan M. Ulfi Fadli Wakil Presidem BEM STAINU Temanggung, Kamis malam (28/3/2018).

 

"Sebagai mahasiswa yang dikenal sebagai kaum intelek, kita harus membuktikan dan bertanggung jawab. Dari pernyataan tersebut kita memberikan kesempatan kepada semua mahasiswa STAINU yang kompeten berwawasan luas terkait dengan pengetahuan umum untuk mendaftarkan diri sebagai Duta STAINU 2018," ujarnya, Kamis malam (28/3/2018).

 

Selain itu, kata dia, kita kuliah di kampus agamis dalam naungan Nahdlatul Ulama, juga harus punya wawasan luas tentang ASWAJA. "Maka dari  itu kita memilih mahasiswa dan mahasiswi yang terbaik di antara yang baik dan nantinya menjadi Duta Mahasiswa-Mahasiswi serta memperoleh piala STAINU," beber dia.

 

Dijelaskannya, bahwa Duta STAINU adalah perwakilan mahasiswa dan mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik. Khususnya, di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi aspek pendidikan-pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, katanya, Duta STAINU juga harus berpenampilan menarik, karena menjadi brading kampus dan mereka dituntut memiliki keunggulan berbahasa, baik itu Jawa, Indonesia, dan juga bahasa asing.

 

Untuk yang terpilih nantinya, kata dia, merepresentasikan mahasiswa STAINU bahwa kampus STAINU tidak kalah dengan kampus negeri dan swasta yang lain.

 

Sementara itu, secara terpisah Yeni Ervina penanggungjawab Duta STAINU membeberkan panitia sudah menyiapkan konsep untuk pemilihan Duta STAINU Temanggung tahun 2018 ini.

 

"Duta STAINU Award tahun 2018 ini ada beberapa konsep yang sudah kami tentukan. Mulai dari tata cara pendaftaran, syarat, metode penilaian, juri, dan juga hadiah yang sudah disiapkan," beber dia.

 

Untuk syarat dan ketentuan lainnya, bisa dibaca di bawah ini sesuai yang sudah disepakati oleh panitia,:

 

Syarat:

1. Mahasiswa STAINU Temanggung aktif

2. Berprestasi (dibuktikan dengan KHS dari semester 1-terakhir, piagam, sertifikat, dan lainnya)

3. Aktif dan komunikatif

4. Berpenampilan menarik

5. Loyal terhadap kampus

6. Mampu menjaga nama baik almamater

7. Menguasai pengetahuan tentang kampus dan potensi daerah

8.Memiliki keterampilan bahasa lokal dan asing (minimal Bahasa Inggris/Bahasa Arab/Bahasa Jawa)

9.Bersedia aktif sebagai Duta STAINU Temanggung

 

Persyaratan Administrasi:

1. Mengisi formulir pendaftaran

2. Mengumpulkan Fotokopi KTM

3. Mengumpulkan Fotokopi KHS (dari semester 1-terakhir)

4. Pas poto terbaru ukuran 3×4 (2 lembar)

5. Melampirkan piagam atau sertifikat pendukung (aspek pendidikan-pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat)

 

Formulir dikumpulkan dengan map bewarna hijau (mahasiswa) dan ping (mahasiswi )

 

Hadiah:

1. Piala bergilir Duta STAINU Temanggung

2. Piagam penghargaan (bagi semua yang lolos seleksi administrasi)

3. Selempang Duta STAINU Temanggung

 

Sistem Pendaftaran dan Penilaian:

Tahap I: Seleksi administrasi (dinilai oleh tim panitia)

Tahap II: Presentasi oleh masing-masing peserta yang lolos seleksi administrasi (70% juri, 30% pertanyaan dari audience)

Tahap III : Penganugerahan Duta STAINU Temanggung tahun 2018

 

Dewan Juri:

1. M. Ridho Muttaqin, M.Pd.I – Kaprodi MPI STAINU Temanggung (Aspek Akademik, Bahasa Jawa, Budaya)

2. Effi Wahyuningsih, M.Pd – Ketua Lembaga Bahasa Asing STAINU Temanggung (Aspek Bahasa Inggris, Attitude, Public Speaking)

3. Kholilur Rokhman, S.H – Wisudawan Terbaik STAINU Temanggung 2018 (Aspek Kemahasiswaan, Wawasan Dunia Aktivis, dan Intelektualisme Mahasiswa)

 

Pendaftaran:

Tanggal 30 Maret 2018 sampai 15 April 2018

 

Lokasi:

Kantor BEM STAINU Temanggung

 

CP:

Yeni Ervina (087705380202)
Wahyu Egi Widayat (089671559908)


"Kami berharap, semua mahasiswa dan mahasiswa nanti mendaftarkan diri secepatnya. Sebab, ini menjadi sejarah bagi STAINU Temanggung mengadakan pemilihan duta yang nantinya bisa ikut Duta Wisata, Duta Jateng Fair, atau Duta-Duta yang lain yang digelar tiap tahunnya oleh pemerintah," beber Yeni.

 

Untuk informasi lebih detail, kata dia, semua mahasiswa dan mahasiswi STAINU Temanggung bisa menanyakan lebih lanjut di nomor di atas. (ibda).

Add Comment