Muslimat NU Temanggung Kini Punya Gedung Baru

Share

Temanggung, stainutmg.ac.id – Muslimat NU adalah sebuah wadah berkhidmat yang kini usianya sudah memasuki 75 tahun. “Muslimat berdiri pada 29 Maret 1946 M atau 26 Rabiul Akhir 1465 H. Saat 29 Maret 2021 ini, usianya tepat memasuki 75 tahun. Demikian sambutan Ketua Umum PP Muslimat NU yang dibacakan oleh Ketua PW Muslimat NU Jawa Tengah Prof Dr Ismawati Hafidz dalam peringatan Harlah Muslimat ke 75 tahun 2021 di gedung Muslimat NU cabang Temanggung Rabu 7 April 2021.

Selanjutnya juga disampaikankan, peringatan Harlah Muslimat ke-75 perlu menjadi momentum untuk kembali meneguhkan semangat berkhidmat. “Muslimat didirikan dengan tujuan membentuk ibu sejati guna mencetak generasi penerus Nahdlatul Ulama,” tambahnya.

Saat ini muslimat NU berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteran keluarga melalui berbagai bidang layanan mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial sampai kepada ekonomi. Semua program diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terutama para ibu sebagai tiang utama dalam pendidikan dalam keluarga.

Dalam acara yang digelar secara sederhana dengan protokol covid 19 juga diadakan peresmian gedung PC Muslimat NU di Jalan Raya Parakan Kedu Temanggung oleh Bupati Temanggung HM. Al-Khadziq.

Dalam sambutannya HM Al-Khadziq sangat mengapresiasi terhadap kinerja PC Muslimat NU yang bisa mewujudkan kantor sekretariat yang resprentatif dan strategis berada di tepi jalan raya.

"Pemerintah Kabupaten Temanggung sangat mendukung semua progran PC Muslimat NU terutama berkaitan dengan hal yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mulai dari pengelolaan sampah, plasterisasi sampai pengobatan massal , menunjukkan bahwa muslimat NU mempunyai peran strategis dalam mengangkat derajat kehidupan masyarakat," ungkapnya.

Keberadaan Gedung PC Muslimat NU yang diresmikan juga diharapkan dapat semakin meningkat kan kepedulian Muslimat NU terhadap persoalan yang dihadapi oleh masyarakat,tandasnya.

Sementara itu Ketua Tanfidziyah PCNU Temanggung KH.M furqon Masyhuri dalam sambutannya menyampaikan saat ini Nahdlatul Ulama dengan pengikut sekitar seratus juta lebih menurut survey LSI menjadi gerbong utama dalam perkembangan Islam di Indonesia yang moderat dan mendunia. Sudah puluhan cabang NU di luar negeri berdiri, ini merupakan indikasi bahwa NU akan menjadi lokomotif perubahan dunia yang lebih beradab dan humanis. 

Oleh karena itu diharapkan Muslimat NU sebagai bagian penting dari keluarga besar NU harus semakin meningkatkan perannya dalam mengawal perubahan tersebut. 

Dalam kegiatan peresmian yang dihadiri para ulama, Ketua PCNU , Ketua YAPTINU dan Wakil Rais Syuriah PCNU serta para pengurus Muslimat itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati dan Ketua PW Muslimat NU Jawa Tengah.

Dalam laporannya Ketua PC Muslimat NU Temanggung Hj.Suad Jauharoh menyampaikan bahwa gedung PC Muslimat NU ini dibangun dengan bantuan dana dari pemerintah kabupaten sebanyak dua miliar .
Di samping itu dukungan dana dari anggota muslimat dan para donatur juga sangat besar untuk mewujudkan gedung tersebut. (*)

Add Comment