OSPeK yang Sehat dan Menyenangkan

Share

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau Ospek merupakan kegiatan awal bagi setiap peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi. Ospek dengan seluruh rangkaian acaranya merupakan pembentukan watak bagi seorang mahasiswa baru. Maka tidak sepantasnya jika sebuah orientasi dijadikan bahan perpeloncoan, yang menarik di OSPeK tahun ini adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama’ Temanggung mempersembahkan nuansa OSPeK yang sehat dan menyenangkan.

Ketua panitia OSPek STAINU Temanggung 2016 Herni Ambarwati dari Jurusan Tarbiyah semester VII mengatakan, Peserta OSPeK terdiri dari mahasiswa baru dan mahasiswa yang belum mengikuti OSPeK yang jumlahnya 73 Orang dalam kegiatanya selama empat hari Minggu – Rabu tanggal 21-24 Agustus dibagi menjadi delapan kloter (kelompok) dengan mengangkat Tema : ‘’Meningkatkan Intelektual dan Spiritual Mahasiswa melalui Aktualisasi Nilai-nilai ASWAJA” Kegiatan awal dibuka oleh Ketua STAINU Temanggung Bapak  M. Baehaqi dengan membaca Umul Kitab Al-Fatihah.

Ketua panitia mengatakan, tujuan utama di adakan kegiatan OSPeK yang berbeda dari tahun sebelumnya adalah mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya, menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal, memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan, mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa, menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib, dan dinamis, menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggung jawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rangkaian kegiatan OSPeK 2016 ini yang pertama mahasiswa mendapat 10 Materi pemateri di sampaikan oleh dosen STAINU Temanggung selain itu juga dari pemateri luar BNKK Temanggung menyampaikan bahaya narkotika, Kesbangpol Radikalisme dan Terorisme, Kodim Bela Negara. Selain mendapatkan materi mahasiswa diajak untuk mencintai lingkungan dengan membawa satu bibit tanaman pucuk merah setiap kloternya dan  ditanam  di taman kampus dengan tujuan agar lingkungan terlihat hijau selain itu lingkungan juga terlihat asri dan indah dipandang. Karena OSPek bertepatan dengan hari kemerdekaan panitia menyuguhkan lomba-lomba dengan keseruanya tidak terasa tibalah di malam terakhir OSPeK ada kegiatan Malam Inagurasi yang melibatkan seluruh peserta dan panitia kegiatnnya setelah dibuka dengan tampilan teater dari UKM Teater Petromas 11-PM Selanjutnya  panitia dan peserta makan bersama dan di lanjut setiap kloter menampilkan seninya diatas panggung,  dimalam ini bertujuan agar panitia dan peserta terjalin keakraban di hari terakhir OSPeK ada. Pagi harinya panitia dan peserta siap berolahraga dan Out bond di lingkungan sekitar kampus. Selanjutnya di acara penutupan yang dihadiri Pembantu Ketua III Bapak Muh Syafiq mengatakan dalam sambutannya kegiatan OSPeK tahun 2016 alhamdulillah sukses dan Insyaallah dapat menginspirasi OSPeK di tahun yang akan datang.

Add Comment