Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Share

PROFIL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD) STAINU TEMANGGUNG

 

– Visi

"Terwujudnya prodi yang unggul dalam mencetak sarjana pendidikan sebagai calon guru profesional di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) yang berakidah Ahl al-Sunnah  Wa al-Jama'ah An-Nahdhiyyah serta Edupreneur yang berketrampilan dalam mendesain dan menginovasikan Alat Permainan Edukatif (APE) pada Tahun 2022".

– Misi

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan pendidikan dan pembelajaran secara profesional, akuntabel, dan berdaya saing tinggi.
  • Membentuk calon guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang profesional-kompetitif yang berakidah Ahl al-Sunnah Wa al-Jama'ah An-Nahdhiyah serta memiliki jiwa Edupreneur.
  • Mencetak edupreneur dibidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
  • Mengembangkan keilmuan dan melakukan inovasi dibidang Alat Permainan Edukatif (APE), baik berbasis barang baru maupun barang bekas.
  • Mengembangkan kerjasama dengan berbagi pihak dalam melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

– Tujuan

  • Menghasilkan sarjana calon guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang professional-kompetitif yang berakidah Ahl al-Sunnah Wa al-Jama’ah An-Nahdhiyyah.
  • Menghasilkan edupreneur Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) yang memiliki inovasi dibidang Alat Permainan Edukatif (APE).
  • Menjadi pusat pengembangan keilmuan di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).
  • Terwujudnya kerjasama dengan berbagai pihak dalam ilmu Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan implementasinya untuk meningkatkan kualitas hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

 

           Kompetensi yang dimiliki sarjana Strata 1 (S1) Lulusan Program Studi di Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah sebagai berikut :

  1. Kompetensi Utama
  1. Menampilkan diri sebagai pribadi muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, dan menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat berbasis ahl sunnah wa al jama’ah,
  2. Menguasai  kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial secara holistik integrative  pada lembaga pendidikan Raudhatul Atfal/Taman Kanak-kanak.
  3. Mampu mengembangkan kurikulum berdasarkan prinsip, 1) berpusat pada anak; 2) kontekstual; 3) kompetensi dan dimensi perkembangan, 4) pembentukan kepribadian; 5) sesuai tahapan perkembangan; 6) sesuai cara belajar; 7) holistik integratif ; 8) melalui bermain ; 9)membangun pengalaman belajar; 10) konteks social budaya. 
  4. Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik, meliputi kompetensi dasar sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, ketrampilan, perkembangan fisik motorik,  perkembangan bahasa, pengembanngan seni, dan pengembangan fisik motorik pada PIAUD secara kreatif, inovatif, dan menyenangkan, serta mampu menilai proses dan hasil pembelajaran serta tindaklanjut yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan.
  5. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran di PIAUD.
  6. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan pengembangan fisik motorik (motorik kasar, motorik halus, kesehatan, dan perilaku keselamatan), Bahasa Indonesia (bahasa reseptif, keaksaraan, dan ekspresi), Pengembangan kognitif anak usia dini, pendidikan seni musik, seni tari, dan seni suara, pengembangan matematika, IPA, IPS, Pendidikan kesehatan dan jasmani  yang mendukung pembelajarannya di PIAUD.
  7. Mengembangkan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai Islam ke dalam setiap kompetensi di RA.
  8. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan Al-Qur'an–Al-Hadits (QH), Aqidah–Akhlaq (AA), Sejarah Peradaban Islam dan Bahasa Arab secara komprehensif yang mendasari pembelajarannya di PIAUD.
  9. Mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran PIAUD

 

  1. Kompetensi Tambahan A
  1. Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas.
  2. Memiliki kemampuan praktik dan teoritik dalam bidang penelitian pada PIAUD
  3. Mampu melaksanakan evaluasi, penelitian dan pengembangan sumber daya manusia.
  1. Kompetensi Tambahan B
  1. Mampu melakukan pengelolaan dan pengorganisasian bidang pendidikan, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di PIAUD.
  2. Mampu bekerja secara profesional pada satuan pendidikan dan pelatihan atau institusi pengembangan sumber daya manusia.
  3. Mampu mengelola pendidikan PIAUD secara professional.

 

  1. Kompetensi Tambahan C
  1. Mampu memberikan layanan ahli dan konsultasi dalam penyelengaraan pendidikan PIAUD.
  2. Mampu menguasai aspek psikologis, perkembangan kognitif , mental, dan social emosial pada anak usia dini .

 

Secara spesifik jenis pekerjaan yang dapat Prodi Pendidikan Guru Madrasah Intidaiyah sebagai berikut :

  1. Tenaga pendidik  Raudhatul Athfal  atau Taman Kanak-kanak pada instansi pemerintah/ swasta.
  2. Tenaga peneliti dan pengembangan dalam bidang pendidikan/pendidikan agama islam bagi Pendidikan Anak Usia Dini baik diinstansi pemerintah, atau swasta.
  3. Pimpinan lembaga pendidikan dan pelatihan bidang  Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD).
  4. Konsultan  Pendidikan Anak Usia Dini ( PIAUD ).