PGMI STAINU Temanggung Adakan Pengarahan Akademik dan Skripsi

Share

Temanggung, stainutmg.ac.id – Dalam rangka meningkatkan kualitas akademik, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAINU Temanggung mengadakan Pembimbingan Akademik dan Skripsi. Kegiatan tersebut diadakan pada Kamis, 25 Februari 2021 di Ruang B1A dan dihadiri oleh Wakil Ketua 3 Ibu Luluk Ifadah, M.S.I, Dr. Baedhowi M.Ag, Kaprodi PAI Dr (c) Sigit Tri Utomo, M.Pd.I dimana ketiganya hadir sebagai dosen pembimbing mahasiswa prodi PGMI. Hadir pula Kaprodi PGMI, Andrian Gandi W., M.Pd, Sekprodi M. Fadloli Al Hakim, S.Pd., M.Or, dan juga dosen homebase PGMI STAINU Temanggung, Farinka Nurrahmah A., M.Pd., Eka Mahargiani Rochma, M.Pd.I., serta Faizah, M.Pd. Serta mahasiswa PGMI semester VIII dan pengurus harian HMP (Himpunan Mahasiswa Prodi).

Andrian Gandi menjelaskan tentang persyaratan pengajuan skripsi, sistematika penulisan proposal skripsi, sistematika penulisan skripsi, teknis pembimbingan, tujuan penulisan skripsi, alur penyelesaian, sistematika pemilihan dosen pemimbing, tugas-tugas dosen pembimbing I dan II, hak dan kewajiban dosen pembimbing, sampai pada mekanisme munaqosyah skripsi.

Sementara itu Luluk Ifadah, M.S.I memberi motivasi agar mahasiwa selalu semangat mengerjakan skripsi,”Skripsi tidak hanya sekedar mata kuliah saja, akan tetapi skripsi adalah perjuangan terakhir kita semasa kuliah. Dan karakter seseorang akan terlihat ketika melakukan bimbingan skripsi. Jika suatu saat dosen pembimbing mengoreksi dan banyak revisi, jangan bersedih karena itu demi kebaikan karya kalian. Bersedihlah ketika skripsi kalian tidak dibimbing secara baik, karena karya kalian tidak akan berkualitas” ujarnya.

            Dr. Baedhowi M.Ag menjelaskan tentang pentingnya mencari referensi yang tepat,”Mahasiswa harus bisa mencari referensi yang jelas. Carilah masalah lalu cari solusi yang tepat melalui referensi yang jelas” tegasnya. Beliau juga mengapresiasi kegiatan tersebut.

            Lalu Sigit Tri Utomo, M.Pd.I menjelaskan tentang trik-trik mengerjakan skripsi,”Mengerjakan skripsi harus dimulai dengan bahagia, karena jika perasaan kita sedang galau, akan sangat susah untuk fokus. Dan di dalam skripsi ada 2 pengolahan, olah data dan olah rasa. Jika olah rasa kita buruk maka akan berpengaruh terhadap olah data” ujarnya.

            M. Fadloli Al Hakim, S.Pd., M.Or memberi pesan kepada mahasiswa semester VIII untuk tetap mengikuti alur dan harus sopan saat melakukan bimbingan skripsi,”Mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah skripsi di semester ini wajib menjaga tata krama kepada dosen pembimbing. Jangan sampai mood dosen pembimbing menjadi jelek karena kita yang kurang sopan saat melakukan bimbingan. Mahasiswa wajib janjian dulu dengan dosen pembimbing sebelum melakukan bimbingan skripsi. Jika janjian via whatsapp, usahakan selalu menyebut identitas diri dulu.

Kegiatan tersebut dimulai dengan sambutan sekaligus pembimbingan skripsi dan akademik oleh kaprodi PGMI. Lalu sesi diskusi dan tanya jawab lalu ditutup dengan doa.(mfa89)

Add Comment