STAINU dan MAN 1 Probolinggo Teken MoA di Kampus 1

Share


Probolinggo, stainutmg.ac.id – Bertempat di kampus 2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Probolinggo, Jawa Timur, dilaksanakan penandatanganan Memorandun of Agreement (MoA) antara STAINU Temanggung dan MAN 1 Probolinggo, Sabtu (20/2/2021).

MoA tersebut tentang pelaksanaan kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah. Pelaksanaan MoA sekaligus di hari yang sama yaitu dengan digelarnya kegiatan Diklat Penulisan Artikel Ilmiah yang diisi oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan STAINU Temanggung Hamidulloh Ibda.

Menurut Ibda, MoA ini merupakan wujud pengembangan institusi perguruan tinggi di luar Jawa Tengah. "Ini merupakan bagian dari peran perguruan tinggi dalam menjembatani para guru dalam melakukan riset dan sekaligus publikasi ilmiah. Karena selama ini guru sebagai praktisi pendidikan kesusahan dalam meriset dan memuplikasikan hasil risetnya tersebut," katanya.

Sementara Kepala MAN 1 Probolinggo Syaiful Abdi melalui guru Taufiqur Rahman menyambut baik MoA tersebut. Menurut dia, peran STAINU Temanggung lewat salah satu dosennya telah banyak membantu guru-guru MAN 1 Probolinggo dalam kegiatan publikasi ilmiah. "Pak Ibda sering membantu kami dalam menerbitkan buku-buku karya guru kami. Selain itu kemarin di 2020 juga sudah mengawal jurnal ilmiah milik MAN 1 Probolinggo yaitu AR-ROSYIDAH: Jurnal Pendidikan dan Humaniora," paparnya.

Dijelaskan dia, bahwa jurnal ini adalah jurnal yang diterbitkan MAN) 1 Probolinggo yang terbit pertama pada Volume 1 No 1 edisi Juni 2020 dengan bantuan dan arahan dosen STAINU Temanggung yaitu Pak Ibda.

Pihaknya sangat berharap lewat MoA itu akan terjadi peningkatan kualitas penelitian para guru sekaligus publikasi ilmiah baik di jurnal atau berupa terbitan buku dan bahan ajar berbasis penelitian. (*).

Add Comment