STAINU Gelar FGD Pembukaan Pascasarjana

Share

Temanggung, stainutmg.ac.id – Dalam rangka menyiapkan peningkatan mutu pendidikan, STAINU Temanggung menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang persiapan pembukaan Program Pascasarjana untuk jenjang S2 (magister) yang terlaksana di aula STAINU pada Selasa (16/2/2021).

"Kita sudah macak, berbenah dan dalam waktu dekat kita tinggal menunggu KMA INISNU Temanggung. Selain itu juga menyiapkan pembukaan Program Pascasarjana yang direncanakan sementara adalah Prodi PAI. Pascasarjana S2 di sini akan mendekatkan pelayanan pendidikan kepada stakeholders, sehingga para guru tidak perlu jauh-jauh untuk melanjutkan kuliah S2," kata Ketua YAPTINU H. Nur Makhsun.

Saat ini sarjana itu biasa, kata dia, dan sudah banyak guru-guru yang sudah magister. "Saya ingat, dulu DII itu sudah cukup menjadi guru. Lalu ada peraturan harus S1. Ke depan bisa jadi meningkat menjadi magister. Maka STAINU berbenah untuk menjadi institut dan menyiapkan Pascasarjana," lanjutnya.

Sementara Ketua Senat Akademik Dr. H. Muh. Baehaqi, MM mengatakan bahwa perbaikan-perbaikan sudah dilakukan untuk memajukan STAINU. "Tahun lalu, saya sudah ke Diktis bersama Wakil Ketua I Pak Ibda dan Wakil Ketua II Pak Khamim untuk mengurus alih status. Sampai di sana banyak kekurangan data. Dan alhamdulillah akhir 2020 sudah tercukupi. Semoga ke depan ini segera beralih status dari STAINU menjadi INISNU," lanjut dia.

Ketua STAINU Temanggung Sumarjoko mengatakan bahwa regulasi pemerintah terus berubah. "Jika guru dan pengawas cukup S1 bisa jadi ke depan harus S1. Maka STAINU juga menyiapkan jauh-jauh hari sebagai media lembaga pendidikan yang membuka Pascasarjana," katanya.

Ia juga menegaskan bahwa capaian pembelajaran S1, S2 dan S3 sangat berbeda. "S1 cukup memahami teori, S2 memahami teori dan menemukan teori. Kalau S3 harus dapat mengembangkan teori," lanjut dia.

Dalam kesempatan itu, hadir Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Hamidulloh Ibda, Wakil Ketua II Bidang Keuangan dan SDM Khamim Saifuddin, Wakil Ketua III Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama Luluk Ifadah.

Hadir pula Pengurus Harian AGPAII, Ketua MGMP PAI SMA, Ketua MGMP PAI SMK, Ketua MGMP PAI SMP, Ketua KKG PAI SD, FKG PAI TK, perwakilan mahasiswa dan alumni STAINU Temanggung. 

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan FGD yang dipandu Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Hamidulloh Ibda bersama semua anggota. (*)

Add Comment