Tuntutan Zaman Makin Nyata, IPNU-IPPNU Kaloran Siapkan Kader Unggulan

Share


Temanggung, stainutmg.ac.id – Dengan semangat menuju perubahan organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kaloran melaksanakan kegiatan Upgrading pengurus PAC masa khidmat 2020-2022 pada hari Minggu (14/3), acara yang dibuka langsung oleh Muhammad Kharis Bastoni, S.Pd. Pengurus Wilayah IPNU Jawa Tengah pada pukul 08.00 WIB ini dihadiri oleh 34 pengurus IPNU IPPNU PAC Kaloran.

Dalam kesempatan ini, hadir pula pengurus banom-banom NU se-Kecamatan Kaloran diantaranya GP Ansor, Banser, Fatayat, Muslimat dan lainnya, kegiatan yang diisi dengan materi dari PW IPNU Jawa Tengah oleh Muhammad Kharis Bastoni, S.Pd., ketua PAC GP Ansor Kecamatan Kaloran 2017-2021 Agus Isro Pamungkas serta Motivator & Konseptor Sanggar Belajar Kandang Kawruh Yoki Mistoyo Samsudin, S.Sy. diharapkan dapat memupuk rasa tanggungjawab dalam proses kepengurusan organisasi hari ini.

"Harapan terbesar saya adalah bagaimana proses kaderisasi, roda organisasi, komunikasi dan hal-hal teknis serta nonteknis lainnya bisa berjalan dengan baik, sistematis dan tanpa ekses, kegiatan yang memang sengaja diinisiasi oleh kawan-kawan demisioner ini pun diharapkan bisa menjadi wadah silaturahim pengurus yang baru." Ujar Yulian Wahyu Aji, S.H. sekretaris IPNU 2018-2020 ini.

Dalam kesempatan yang lain Muhammad Samsul Ma'arif, S.Pd. menuturkan bahwa pengurus harus mampu bertahan dalam kondisi dan situasi apapun, mampu beradaptasi dan memiliki mindset yang cerdas.
"Selain rasa memiliki, pengurus harus mampu mengadaptasikan diri terhadap lingkungan barunya, mampu bekerja dengan sistem under pressure, rela berjuang dan open minded." Tutur Wakil Ketua IPNU 2018-2020 ini.

Sementara itu Muhammad Kharis Bastoni, S.Pd. menyampaikan apresiasi nyata kepada pengurus yang mana hari ini memiliki tantangan besar dalam mengemban amanah organisasi.

"Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PAC Kaloran atas kesadaran terhadap kebutuhan organisasi yakni kualitas kader, karena pada dasarnya mengedepankan kualitas itu jauh lebih penting dibanding hanya basis masa saja, selain itu kader juga dituntut untuk selalu fleksibel dalam perkembangan zaman." Tutur Kharis dalam kesempatan itu.

Sementara itu Puji Kurniasari Wakil Ketua IPPNU PAC Kaloran menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini bermanfaat sekali untuk melatih kerjasama dan kesadaran pengurus.

"Saya merasa puas dengan kegiatan ini, selain bisa saling lebih mengenal, komunikasi yang selama ini dingin menjadi lebih hangat di dalam intern pengurus dari tiap-tiap ranting, harapan besarnya adalah IPNU-IPPNU PAC Kaloran makin solid, makin kuat dalam kerja sama dan semua kegiatan, serta para pengurus memiliki kesadaran dalam hal tanggungjawab mereka.

Pada pukul 17.00 WIB acara ditutup dengan fun game bersama oleh seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut dengan tujuan merefresh pikiran dan psikologi masing-masing peserta.

(YWA/FN)

Add Comment