Waket I STAINU Jadi Narasumber di MAN 1 Probolinggo

Share


Probolinggo, stainutmg.ac.id – Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan STAINU Temanggung Hamidulloh Ibda didapuk menjadi narasumber kegiatan pendidikan dan pelatihan penulisan artikel ilmiah di kampus 2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Probolinggo, Jawa Timur pada Sabtu (20/2/2021).

Dalam kesempatan itu, Ibda menjadi narasumber tunggal selama satu hari. Penulis buku Dosen Penggerak Literasi ini menyampaikan beberapa materi. Pertama pengenalan artikel ilmiah. Kedua, teknik registrasi dan submit artikel di Open Journal System (OJS). Ketiga, teknik dan praktik manajemen referensi. Keempat, teknik dan praktik aplikasi pendeteksi plagiasi.

Kelima, teknik mengubah skripsi/tesis/disertasi/PTK/PTS menjadi artikel ilmiah publikasi jurnal/prosiding. Keenam, strategi penulisan artikel ilmiah dimuat jurnal ilmiah. Ketujuh, manajemen redaksi pengelolaan jurnal online.

Kegiatan itu, menutu Kepala MAN 1 Probolinggo Syaiful Abdi adalah kewajiban guru utamanya yang ASN. "Pengembangan profesi guru salah satunya adalah publikasi karya ilmiah. Saya harap nanti setelah materi ini, jurnal milik MAN 1 Probolinggo dapat dijadikan jurnal elektronik," harapnya.

Kegiatan itu diikuti puluhan guru MAN 1 Probolinggo yang dilakaanakan selama empat hari. Dua hari dilakukan luring dan dua harinya dilaksanakan daring dengan sistem penugasan. (*)

Add Comment